oleh

ASN IAIN Palopo Gelar Workshop, FKJ Bawakan Materi Service Excellent

PALOPO —  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, menggelar workshop peningkatan kapasitas SDM dan bimtek penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja ASN IAIN Palopo Tahun 2021, Selasa, (21/12/21).

Kegiatan workshop ini diikuti 72 ASN IAIN Palopo, terdiri dari pejabat struktural, fungsional dan analisis pegawai lainnya. Workshop itu diprakarsai Bagian Umum IAIN Palopo.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, menghadirkan sejumlah pemateri yang berasal dari internal IAIN Palopo, BKPSDM Palopo, dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palopo, Farid Kasim Judas, SH.,M.Si.,MH., pada workshop yang berlangsung di Hotel Value Palopo itu, membawakan materi tentang strategi pelayanan dengan konsep service excellent atau pelayan prima.

”Pelayanan prima merupakan terjemahan istilah service excellent yang secara harfiah berarti pelayanan terbaik atau sangat baik. Disebut sangat baik atau terbaik sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku atau dimiliki instansi pemberi pelayanan,” kata FKJ-sapaan akrabnya.

Menurutnya, ada lima poin penting yang wajib dimiliki oleh seorang ASN untuk dapat mewujudkan pelayanan prima pada suatu instansi tempat bekerja. Kelima pont yang dimaksud, yakni sikap, kemampuan, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggungjawab.

‘”Strategi pelayanan prima, harus dilakukan dimulai dengan pengembangan kapasitas aparatur,

penerapan sistem pengelolaan pelayanan kepegawaian yang transparan, optimalisasi pengembangan karir dan pemberian penghargaan ASN berdasarkan penilaian kinerja yang obyektif, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan data kepegawaian,” Jelas FKJ via Zoom Meeting.

Sementara itu, Rektor IAIN Palopo, Prof Dr Abdul Pirol, M.Ag mengatakan, pelaksanaan kegiatan itu sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kinerja yang terukur bagi ASN yang ada di IAIN Palopo.

Melalui workship itu, ASN IAIN Palopo diharapkan memahami peraturan terbaru tentang disiplin PNS, menerapkan strategi pelayanan dan konsep service excellent.

Kegiatan ini merupakan bahagian dari penyempurnaan dan pendayagunaan aparatur negara baik dari segi kelembagaan, ketatalaksanaan maupun kepegawaian di lingkungan IAIN Palopo,” tutur Prof Dr Abdul Pirol.

Komentar