Belum Miliki IUP, Tambang Rakyat di Batu Mancani Sudah Beroperasi

  • Whatsapp

PALOPO — Tambang Galian C yang menamakan “Kelompok Penambang RMC Batu Walenrang” yang merupakan tambang rakyat mengelola Tanah Urug dan Batuan Bolder telah beroprasi, Letaknya di lorong TPA, Kelurahan Batu Mancani, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo.

Ibrahim sebagai penanggung jawab Tambang rakyat ini saat ditemui dilokasi mengatakan, aktifitas penambangan telah berjalan selama 2 hari.

Bacaan Lainnya

“Tanahnya diangkut ke wilayah Pompengan untuk proyek penanganan penanggulangan banjir, target perhari kedepannya minimal 200 mobil” ujarnya, Selasa, 08 Juni 2021.

Adapun luasan area penambangan yaitu 7,5 hektar.

Dikonfirmasi pula apakah telah memiliki izin, Ibrahim mengakui jika Izin Pertambangan Rakyat (IPR) telah ada yang diterbitkan oleh Pemkot Palopo sementara untuk Izin Usaha Pertambangan (IUP) belum ada namun sudah dalam proses pengurusan.

“Kami memang belum memegang IUP namun sudah dalam proses pengurusan dan sesuai petunjuk dari Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) Pusat untuk tetap melakukan penambangan dan jika ada permasalahan hukum, APRI Pusat siap bertanggung jawab, makanya kami disini mengikuti arahan dari APRI,” ungkap Ibrahim.

Ibrahim juga menjelaskan area penambangan ini kedepannya diwacanakan akan dijadikan sebagai tempat pemukiman masyarakat.

Terpisah, Kadis LH Palopo, Hj ST. Baderia saat dikonfirmasi belum mengetahui akan keberadaan tambang di Batu Mancani tersebut” Saya belum tau, nanti kami cek dulu,” sebutnya.

Untuk diketahui UU No 4 Tahun 2009 Pasal 158 berbunyi “Setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP, IPR atau IUPK sebagaimana dimaksud dalam pasal 37, pasal 40 ayat (3), pasal 48, pasal 67 ayat (1), pasal 74 ayat (1) atau ayat (5) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp10 Milyar. (Has)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *