oleh

Protelindo Bangun Menara Telekomunikasi di Murante, Diduga Belum Kantongi Izin

-NASIONAL-1 Dilihat

PALOPO — Menara telekomunikasi yang dibangun oleh PT. Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) di wilayah Kelurahan Murante, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo telah usai pembangunannya meski diduga belum mengantongi Izin.

Hal tersebut diutarakan oleh Subiha selaku Kabid Pengkajian dan Proses Perizinan saat dikonfirmasi diruang kerjanya” Belum ada izinnya, seandainya sudah ada pasti berkas nya sudah ada di meja saya.

Disebutkannya, seharusnya pihak pengelola menara telekomunikasi (Tower) menyelesaikan semua proses perizinan terlebih dahulu sebelum pembangunan menara itu dilakukan.

Tak hanya itu kata Subiha, dalam pembangunan Tower itu juga harus mendapat persetujuan dari warga yang radiusnya sekitar 50 meter dari bangunan Tower.

Kepala UPT, Andi Mappasessu selaku bidang pengawasan saat dikonfirmasi pula mengakui jika ia dan Tim terpadu telah pernah melakukan peninjauan di lokasi Tower tersebut dan mengarahkan untuk berhenti membangun sebelum melakukan pengurusan izin prinsip.

Terpisah Kabid, Promosi data dan Informasi Penanaman Modal, Salamuddin mengatakan izinnya sementara berproses dan telah dilakukan rapat komitmen.

“Tower tersebut merupakan pengalihan ke lokasi baru, pengajuan izinnya telah masuk dan sementara dalam tahap proses,” Tuturnya, Senin (03/01/22).

Salamuddin mejelaskan saat ini ada transisi dari Izin Mendirikan Bangunan IMB ke Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) ketentuannya diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang bangunan gedung.

Adapun perbedaan antara PBG dan IMB terletak pada acuan yang digunakan dalam pemberian izin. Untuk IMB, izin diberikan apabila telah sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku. Sementara, PBG  diberikan apabila sudah sesuai dengan standar teknis Bangunan Gedung. Jadi, PBG hanya terbatas pada ketentuan soal teknis bangunan.

Sementara itu, pihak Portelindo, Anton saat dikonfirmasi melalui telephone selulernya membenarkan jika Tower yang berada di wilayah Kelurahan Murante dibangun oleh Portalindo” Iya pak itu bangunanya Portelindo namun itu bukan job saya, ada Satkomnya yang menangani yang lebih berwenang,” Singkat Anton.

Komentar